PROPOSAL MENGENAI EFISIENSI BANDWIDTH LAYANAN 3G PADA GSM

I.Pendahuluan
Saat ini perkembangan teknologi telekomunikasi meningkat tiap tahunnya dan selalu ditandai dengan munculnya sistem baru yang diterapkan untuk memberikan berbagai jasa layanan yang selalu berkembang pula. Teknologi telekomunikasi khususnya wireless communication mengalami perubahan yang cukup signifikan. Di Indonesia, teknologi selular telah memasuki Generasi ketiga (Third Generation atau 3G). Istilah 3G ini identik dengan penyediaan fasilitas layanan multimedia dengan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan bandwidth besar dan kecepatan tinggi dan memungkinkan transfer data dengan kecepatan mencapai 384 kbps sampai 2 Mbps. Secara umum, International Telecommunication Union (ITU) mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:
* Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
* Sebesar 384 Kbps untuk kondii berjalan (pedestrian).
* Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.
Fasilitas layanan multimedia dengan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan bandwidth besar dan kecepatan tinggi pada 3G dihadirkan dalam beberapa killer applications yaitu : Video conferencing , Video streaming and TV , M-commerce, Internet browsing, Email , Messenger, Location based services, dan aplikasi lain yang merupakan gabungan dari masing masing aplikasi ini.
Pada saat ini ada dua cabang dari pengembangan 3G, yaitu dari sisi GSM (Global System for Mobile Communication) yang dipelopori oleh 3G Partnership Project dan WCDMA (Wideband-Code Division Multiple Acces) yang dipelopori oleh 3G Partnership Project 2 (3GPP2). Kedua teknologi tidak kompatibel dan sesungguhnya saling berkompetisi. Salah satu alasan mengapa layanan 3G dapat memberikan throughput yang lebih besar adalah karena penggunaan teknologi spektrum tersebar yang memungkinkan data masukan yang hendak ditransimisikan disebar di seluruh spektrum frekuensi. Selain mendapatkan pita lebar yang lebih besar, layanan berbasis spektrum tersebar jauh lebih aman daripada timeslot dan/atau frequency slot. Oleh karena itu hal yang ingin kami bahas dalam laporan akhir ini adalah efisiensi bandwidth layanan 3G pada GSM. Kami yakin bahwa PT.INDOSAT sebagai perusahaan yang kompeten di bidangnya dan saat ini sudah memberikan layanan 3G dapat menjadi wadah maupun media bagi kami dalam pengambilan data yang sangat membantu dalam penyelesaian Tugas Akhir kami.
II. Tujuan
Kami yakin bahwa PT. INDOSAT Surabaya memiliki banyak obyek data atau system operasional kerja di bidang yang berkaitan dengan seluler baik GSM maupun CDMA dan yang saat ini telah menyediakan layanan 3G.

VII. Penutup
Demikian proposal ini kami buat dan kami ajukan. Besar harapan kami semoga proposal yang kami ajukan dapat disetujui dan diterima . Kami berharap bahwa pelaksanaan kegiatan ini dapat bermanfaat pula bagi perusahaan, sehingga ada keuntungan timbal balik antara kedua belah pihak.
Bogor,Oktober 2010
Hormat kami,

Pelaksana

0 komentar:

Posting Komentar

Followers


Universitas Gunadarma